Skip to main content

Liputan acara kopdar komunitas Netbeans Indonesia di kantor vivanews.com dan Agenda kegiatan 2009

Setelah sekian lama tidak mengadakan kopi darat komunitas netbeans Indonesia yang dikenal melalui milis yahoo groups : netebeans-Indonesia. Pada tanggal 17 Januari 2009 mengadakan acara kopi darat yang diadakan di kantor vivanews.com yang berlokasi di gedung Standard Chartered Lantai 31 dibilangan Sudirman Jakarta Selatan. Beberapa hari sebelum acara ini dilaksanakan, Eko Budhi Setiawan yang dikenal dengan “nick name” ekobs atau netkompentency di kalangan komunitas mengirim email di milis netbeans-Indonesia yang isinya ingin menyerahkan tampuk kepemimpinan sebagai admistrator milis netbeans-Indonesia. Gayung bersambut Ifnu Bima sebagai salah satu pendiri milis selain sebagai moderator aktif di milis tersebut menyambut baik email dari Eko. Lalu beliau merencakan acara kopdar yang telah lama “mati suri” itu. Setelah sepakat mengenai waktu dan tempat acara kopdar diputuskan acara dilaksanakan di kantor ekobs tepatnya di vivanews.com.

Acara dimulai agak terlambat dari waktu yang direncanakan yaitu pukul 09.00 WIB, karena belum banyak yang tiba di lokasi acara. Setelah kurang lebih 10 orang datang dilokasi acara, acara pun dimulai. Di awal acara Ifnu Bima bercerita kilas balik mengenai kegiatan milis-netbeans Indonesia. Dalam kesempatan itu Ifnu bercerita awal berdirinya pada tahun 2005 sampai akhir 2006 milis netbeans-Indonesia anggotanya hanya satu yaitu ekobs sendiri. Lama kelamaan satu per satu anggota milis bertambah, Infu Bima sendiri merupakan anggota ke-7 dari milis netbeans-Indonesia --- penulis sendiri tidak tahu menjadi anggota yang keberapa di milis ini karena tidak ada “counter” yang menyebutkan anda anggota ke sekian dari sebanyak n anggota yang mendaftar. Pada tahun 2007 acara kopdar terhitung hanya berlangsung 7 kali yaitu sampai bulan Juli 2007 setelah itu karena kesibukan pengurus dan kurang aktifnya anggota milis untuk mengadakan kopdar. Tahun 2008 sama sekali tidak ada kegiatan, namun demikian baik tahun 2007 sampai tahun 2008 meskipun tidak ada acara kopdar aktivitas diskusi di milis tetap berlangsung seperti biasa.

Tahun 2009 merupakan kali pertama setelah kurang lebih 1,5 tahun vakum tidak mengadakan kopdar. Sampai di akhir acara jumlah total peserta kopdar yang hadir mencapai 20 orang. Sebuah jumlah angka kehadiran anggota yang cukup baik untuk memulai sesuatu yang baik untuk komunitas dan kemajuan anak bangsa, karena tidak mudah untuk mengumpulkan anggota milis netbeans-Indonesia, yang menurut Ifnu Bima selama menangani kopdar jumlah peserta tidak pernah mencapai 50 orang.

Selain anggota milis netbeans-Indonesia pada acara ini hadir pula mas Alex Budiyanto sebagai Community Development Officer dari Sun Microsystem Indonesia. Pada kesempatan itu mas Alex mengutarakan bahwa support terhadap komunitas netbeans-Indonesia sebagai dukungan Sun Microsystem Indonesia terhadap aktivitas komunitas netbeans-Indonesia dalam bentuk pendaftaran nama domain yang pada saat ini masih dalam tahap validasi agar tidak berbenturan dengan nama domain yang sudah ada.

Berikut merupakan daftar agenda kegiatan milis netbeans-Indonesia selama tahun 2009 yang dibahas pada kopdar-1 netbeans-Indonesia di kantor vivanews.com :

Bulan


Agenda Pembahasan Materi Dan Rencana Kegiatan tahun 2009

Maret

-->

  • Swing, BeansBinding, Swing Aplication framework
  • Tips Netbeans : Netbeans Profiler
  • materi disampaikan oleh : Martinus – artivis

April

-->

  • Web, Spring mvc, velocity
  • materi disampaikan oleh : Joni - vivanews.com

-->

  • Java Destop, CRUD, Master-Detail, Searching
  • materi disampaikan oleh : Yayat - Perdana Informatika

Juni

-->

  • Web, SpringMVC, CRUD, Master-detail, pagination
  • materi disampaikan oleh : Dhiku : BaliCamp

Juli

-->

  • Reporting with Jasper
  • materi disampaikan oleh : Hari - interaneka lestari

Agustus

-->

  • Demo Aplikasi J2D
  • materi disampaikan oleh : Eko BS - vivanews.com

September

-->

  • EJB3/MDB/WebService
  • materi disampaikan oleh : Endy artivisi

Oktober

-->

  • Java ME, LWUIT, Game Development
  • materi disampaikan oleh : Artivisi - Artivisi, Haritz : JENI center

November

-->

  • JSF
  • materi disampaikan oleh : Firdaus - Mtouche

Desember

-->

  • JSON/JQuery
  • materi disampaikan oleh : Irpan - vivanews.com

Selain agenda bulanan tersebut, dalam waktu dekat meskipun dirasa agak terlambat dari jadwal rilis resmi Netbeans 6.5. Komunitas netbeans-Indonesia didukung oleh Sun Microsystem Indonesia akan mengadakan release party yang akan diadakan di kantor Sun Microsystem Indonesia Jakarta. Bila tidak ada aral melintang rencananya release party ini akan diadakan pada tanggal 21 Februari 2009.

Comments

Popular posts from this blog

Install MYOB di Opensuse 11 dengan Wine "emulator"

Pengguna MYOB di Indonesia demikian banyak, saya sendiri mengenal MYOB sejak versi 5 saat ini dikantor saya menggunakan MYOB versi 9 - walaupun saya tidak menggunakanya secara langsung – trus kenapa install MYOB klo gak dipake ??? - eit tunggu dulu, begini ceritanya – pekerjaan saya sehari-hari adalah IT Support di sebuah konsultan manajemen, nah oleh karena itu salah satu tugas dan tanggung saya adalah menjamin agar pekerjaan dikantor tidak terganggu gara komputer ngadat, gak bisa ngeprint, jaringan gak konek apalagi klo komputer mati (dikubur aja kali yee) – klo dah begitu biar hari libur tetap masuk, pulang malem itu sudah biasa – namanya juga karyawan :) Untuk urusan MYOB tugas saya lebih kearah Supporting saja mulai dari aktivasi, bikin penawaran implementasi MYOB, setup data untuk klien baru (Chart Account) untuk jenis usaha yang berbeda, bikin buku panduan, trus saat ini sedang Develop Aplikasi add on untuk MYOB seperti eSPT tranformer dan from MYOB to SPT Masa PPn – hehehe si

Eratnya kebersamaan diantara anggota komunitas Opensuse Indonesia

Bulan November di tahun ini merupakan bulan yang paling berkesan bagi saya. Bukan lantaran saya naik pangkat, menang undian apalagi menang lotere :D . Hal yang membuat bahagia adalah saya mendapatkan sesuatu yang selama ini agak memudar dari saya pribadi, yaitu semangat untuk "berkarya". Dengan mengikuti kopi darat yang secara rutin diadakan oleh pengurus opensuse.or.id wawasan saya mengenai linux bertambah dengan cepat. Di dalam komunitas ini semua anggota adalah sama, tidak ada yang merasa lebih pintar atau lebih baik dari yang lain, seperti kata pepatah "Diatas langit ada langit". Dalam kesederhanaan dan kesahajaan para anggota komunitas saling berbagi pengetahuan dan pengalaman (Knowledge Sharing and Knowledge Transfering) dalam diskusi sesuai tema yang diusung untuk setiap kali pertemuan. Topik yang dibahas adalah VirtualBox dan VMWare. Pada kopi darat ke 11 hari Minggu tanggal 16 November dirumah ketua opensuse.or.id dibilangan pasar minggu saya bertemu beber